PEDAGOGI
Vol 11 No 2 (2025): AGUSTUS

STRATEGI LITERASI VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI MELALUI BUKU BERGAMBAR

Aulia, Rifqo Nida (Unknown)
Habibah, Ummu (Unknown)
Nabila, Putri Syaura (Unknown)
Hendarwati, Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Masa usia dini berada pada tahap penting dalam perkembangan kognitif, sosial, dan emosional . Peran orangtua dan guru menumbuhkan minat baca sebagai pondasi ketermapilan literasi jangka panjang. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji strategi literasi visual dengan memanfaatkan buku cerita bergambar guna meningkatkan minat baca anak usia dini. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menelaah berbagai sumber seperti jurnal, artikel, dan situs website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi visual yakni kemampuan untuk menginterpretasi, menganalisis, dan memahami pesan visual, melalui media bergambar dapat secara signifikan meningkatkan minat baca anak. Strategi yang efektif meliputi kebiasaan membaca, pemilihan buku yang sesuai usia dan kaya ilustrasi, metode bercerita yang interaktif, penggunaan alat bantu visual, penyediaan lingkungan membaca yang menarik, serta kerja sama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. Buku bergambar membantu anak memahami isi cerita, memperluas kosakata, merangsang imajinasi, dan mendukung perkembangan sosial-emosional. Dengan demikian, strategi literasi visual melalui buku bergambar merupakan pendekatan yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan minat baca anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Pedagogi

Publisher

Subject

Education Other

Description

PEDAGOGI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian, kajian dan telaah ilmiah kritis dan komprehensif dalam bidang ilmu murni anak usia dini dan pendidikan anak usia ...