PEDAGOGI
Vol 11 No 2 (2025): AGUSTUS

COOKING CLASS SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI

Ifyati, Nur (Unknown)
Iswatiningsih, Daroe (Unknown)
Yuliati, Sholehah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Kemampuan berbahasa merupakan aspek penting dalam perkembangan Anak Usia Dini, yang perlu ditumbuhkan melalui pengalaman nyata dan bermakma. Salah satu kegiatan yang dapat menunjang pengembangan bahasa anak adalah melalui kegiatan Cooking Class atau memasak bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas  kegiatan Cooking Claas sebagai media inovatif dalam mengembangkan keterampilan bahasa reseptif dan ekspresif pada Anak Usia Dini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif di TK ABA Karangasem 01 Paciran Lamomgan, dengan melibatkan 31 anak kelompok A (usai 4-5 tahun). Anak di bagi dalam 4 kelompok dengan tugas yang berbeda-beda dalam memasak sayur Sop, mengupas dan mencuci sayur, memotong sayur, menyiapkan bumbu dan menghaluskanya dengan menggunakan alat tradisional (cobek dan ulekan), dan menumis serta memasak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data  dalam penelitian ini menggunakan  model Milles dan Huberman, yang terdiri dari tiga tahap, reduksi data, penyajian data dalam bentuk narasi, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi untuk memastikan keakuratan temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cooking Class memberi peluang anak untuk memahami instruksi verbal (bahasa reseptif),  dan mengekspresikan ide serta perasaannya (bahasa ekspresif) secara alami dalam konteks  sosial yang menyenangkan. Dengan demikian, Cooking Class dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan bahasa Anak Usia Dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Pedagogi

Publisher

Subject

Education Other

Description

PEDAGOGI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian, kajian dan telaah ilmiah kritis dan komprehensif dalam bidang ilmu murni anak usia dini dan pendidikan anak usia ...