Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu anak berkebutuhan khusus di kelas B di KB Semai Senenan. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa dalam aspek kemampuan menyimak pada anak berkebutuhan khusus melalui kegiatan eksplorasi sains fisik di kelompok bermain semai senenan dalam proses pelaksanaan kegiatannya terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Perkembangan menyimak anak berkebutuhan khusus melalui kegiatan eksplorasi sains fisik sudah berkembang sesuai harapan dan berjalan dengan efektif, selain perkembangan bahasa, aspek perkembangan lain juga dapat dikembangkan melalui eksplorasi sains fisik yaitu aspek perkembangan kognitif, aspek perkembangan seni dan perkembangan motorik. Faktor pendukung dari implementasi kegiatan eksplorasi sains fisik pada anak berkebutuhan khusus dalam aspek kemampuan menyimak di kelompok bermain semai senenan yaitu keahlian guru dalam mengajar, dukungan dari orang tua siswa dan lingkungan yang mendukung. Faktor penghambat yaitu tidak adanya guru spesialis anak berkebutuhan khusus, kekurangan media, konsentrasi anak yang kurang fokus, kurangnya pemahaman bahasa guru kepada anak berkebutuhan khusus.
Copyrights © 2023