JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 14 No. 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV

Astriani Aulia (Unknown)
Siti Istiningsih (Unknown)
Nurwahidah, Nurwahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan tipe nonequevalent control grup desaign. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi yang dianalisis menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,000<0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini berarti bahwa model project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Hal ini dipengaruhi oleh sintaks project based learning, project yang dihasilkan, suasana pembelajaran, minat belajar, dan motivasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...