JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 14 No. 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret

Lailatul Cahya Wardani (Unknown)
Sulis Janu Hartati (Unknown)
Lusiana Prastiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi barisan dan deret serta untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya LKPD berbasis problem based learning pada materi barisan dan deret. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahapan yakni Define, Design, Development, dan Dissemination. Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap Development karena penelitian ini terbatas pada uji laboratorium. Hasil uji kelayakan LKPD yang dikembangkan yakni untuk validasi ahli materi sebesar 93,85% (sangat layak) dan untuk validasi ahli media sebesar 96,67% (sangat layak). Hasil uji paired sample t-test yakni 0.000 < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya LKPD berbasis problem based learning pada materi barisan dan deret. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah dinyatakan sangat layak dan LKPD yang dikembangkan dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...