Uji lanjut pengembangan buku ajar diperlukan untuk memastikan kualitas buku ajar dapat digunakan dan diimplementasikan dengan baik dalam pembelajaran, oleh sebab itu dilakukan uji kepraktisan, untuk mengetahui kualitas pengembangan buku ajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengebangan pada uji lebih lanjut yakni uji Praktikalitas yang meliputi uji respon dosen dan mahasiswa, serta ujicoba terbatas keterlaksanaan pembelajaran. Uji respon dosen menilai kesesuaian materi, kemudahan penggunaan, kejelasan konsep, tampilan visual, dan ketepatan bahasa melalui kuesioner. Sementara, uji respon mahasiswa fokus pada keterbacaan dan kemenarikan buku. UJi keterlaksanaan pembelajaran mengevaluasi perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan kelas, evaluasi, serta relevansi materi dengan kreativitas dan inovasi. Hasil menunjukkan skor rata-rata 4.3 dalam kesesuaian materi, kemudahan penggunaan, kejelasan konsep, tampilan visual, dan ketepatan bahasa, serta 4.7 dalam dukungan keterampilan berpikir tinggi dan integrasi nilai filsafat. Respon mahasiswa mencatat skor 4.4 untuk keterbacaan dan 4.3 untuk kemenarikan. Skor untuk keterlaksanaan pembelajaran mencakup 4.5 dalam perencanaan, 4.3 dalam pelaksanaan, 4.7 dalam pengelolaan kelas, 4 dalam evaluasi, serta 4.3 dan 4.2 dalam relevansi materi dan inovasi. Secara keseluruhan, buku ini dinilai praktif dan layak sebagai sumber belajar yang berkualitas
Copyrights © 2024