JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan E-book Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi

Putri, Ayu Tiara (Unknown)
Mulyono, Yatin (Unknown)
Ayatusa’adah, Ayatusa’adah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-book pembelajaran berbasis Discovery Learning guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem sirkulasi. Materi ini kerap dianggap kompleks dan sulit dipahami oleh siswa, sehingga pendekatan interaktif berbasis teknologi diharapkan mampu meningkatkan motivasi serta keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall, yang mencakup analisis kebutuhan, perancangan, serta validasi oleh para ahli. Pengumpulan data dilakukan melalui angket berupa lembar validasi yang diberikan kepada validator ahli, serta wawancara dengan guru dan siswa selama tahap uji coba awal. Hasil validasi dianalisis secara kuantitatif dengan menghitung skor rata-rata penilaian. Berdasarkan hasil validasi media, terdapat peningkatan signifikan dalam aspek desain tampilan, kemudahan penggunaan, dan grafis, di mana skor rata-rata meningkat dari 81,93 menjadi 86,8. Selain itu, validasi materi juga menunjukkan perbaikan yang signifikan, dengan peningkatan skor pada aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian dari 86,08 menjadi 94,07 setelah revisi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa E-book yang dirancang secara baik, relevan, mudah dipahami, serta menarik bagi siswa dapat menjadi media pembelajaran yang efektif. Dengan mengintegrasikan elemen interaktif, penelitian ini berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem sirkulasi serta mendukung pembelajaran yang lebih aktif dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...