JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Shape Safari Berbasis Scratch untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Karakteristik Bangun Datar

Davina Ardiyanti (Unknown)
Dewi Nilam Tyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2025

Abstract

Berdasarkan data prapenelitian di SDN 1 Mayongkidul Kabupaten Jepara, peserta didik kelas V memiliki nilai hasil belajar matematika yang rendah pada materi karakteristik bangun datar karena keterbatasan media pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan efektivitas multimedia pembelajaran interaktif Shape Safari berbasis Scratch terhadap hasil belajar matematika pada materi karakteristik bangun datar. Penelitian ini merupakan Research and Development berdasar pada model Borg and Gall. Peserta didik kelas V di SDN 1 Mayongkidul menjadi subjek penelitian ini. Data dikumpulkan dengan cara tes (soal pilihan ganda) dan nontes (observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket). Data dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran bernama Shape Safari dengan kategori “sangat layak”. Media Shape Safari memberikan pengaruh positif yang ditunjukkan dengan perbedaan hasil belajar saat sebelum dan sesudah memakai media Shape Safari. Media Shape Safari terbukti cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika tentang karakteristik bangun datar dengan skor N-Gain 0,71 (tinggi). Berdasarkan penelitian yang dilakukan telah berhasil dikembangkan multimedia pembelajaran interaktif Shape Safari berbasis Scratch yang sangat layak dan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika di SDN 1 Mayongkidul Kabupaten Jepara. Penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan variasi konten dan konsep Scratch.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...