Penalaran kombinatorik dalam pembelajaran matematika tidak bisa dipisahkan. Memiliki kemampuan penalaran kombinatorik, dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Namun, selama ini penalaran kombinatorik masih kurang mendapat perhatian dan pemahaman tentang penalaran kombinatorik masih jarang diteliti. Penelitian ini mengkaitkan penalaran kombinatorik dan kepribadian, sebab keduanya saling berhubungan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penalaran kombinatorik siswa SMA dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tipe kepribadian MBTI. Jenis Penelitian adalah penelitian kualitatif. Responden penelitian yaitu kelas X-7 SMAN 1 kertosono. Siswa kelas X-7 terdiri dari 36. Pemilihan subjek penelitian dilihat dari hasil tipe kepribadian MBTI yang memiliki skor tertinggi dan semua indikator muncul. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti, sedangkan instrumen pendukung adalah tes MBTI dan Soal cerita terkait penalaran kombinatorik. Hasil penelitian ISFJ teliti dan jeli mengivestigasi berbagai faktor, mempertimbangkan kemungkinan semua dapat muncul, mengevaluasi dan mengeneralisasi penggunaan strategi. ENTP mempersiapkan diri sebelum mengivestigasi berbagai faktor, cepat dalam menganalisis soal, konsep yang digunakan, ENTP cepat menentukan strategi yang tepat mempertimbangkan kemungkinan semua dapat muncul, mengevaluasi dan mengeneralisasi penggunaan strategi. ENFJ tidak detail dalam mengivestigasi berbagai faktor, mempertimbangkan kemungkinan semua dapat muncul, mengevaluasi dan mengeneralisasi penggunaan strategi. ISFJ dan ENTP sama-sama menggunakan odometer complete dan ENFJ menggunakan Emerging Strategy dalam strategi numerasi.
Copyrights © 2025