JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Efektivitas Model Flipped Classroom dalam Pembelajaran Matematika: A Systematic Literature Review

Hanifah Dwi Sulistiowati (Unknown)
Aruni Faza (Unknown)
Kusno, Kusno (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Matematika kerap kali dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit oleh peserta didik. Untuk mengatasi tantangan ini, model Flipped Classroom hadir sebagai inovasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa melalui pembelajaran mandiri sebelum tatap muka di kelas. Model ini menempatkan siswa sebagai subjek aktif dengan mempelajari materi terlebih dahulu secara mandiri sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung. Namun, efektivitas model ini dalam konteks matematika masih menunjukkan hasil yang bervariasi, sehingga diperlukan kajian lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana efektivitas model Flipped Classroom diterapkan dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui publikasi ilmiah yang diterbitkan dalam delapan tahun terakhir, yaitu pada rentang tahun 2018 hingga 2025 melalui database seperti Google Scholar, ScienceDirect, dan SpringerLink, dengan fokus pada efektivitas, dampak, serta faktor keberhasilan model Flipped Classroom dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil analisis, implementasi model Flipped Classroom terbukti efektif meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan dalam memecahkan masalah bagi siswa. Selain itu, keberhasilan model ini dipengaruhi oleh kesiapan siswa, akses terhadap teknologi, serta strategi implementasi guru. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, serta menjadi rujukan bagi pendidik dalam mengoptimalkan penggunaan model Flipped Classroom dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...