JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan LKPD Problem Based Learning Terintegrasi Social Emotional Learning (SEL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains Topik Listrik

Yolanda Nur Aini (Unknown)
Yudhi Utomo (Unknown)
Denny Fatmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Permasalahan literasi sains masih menjadi tantangan dalam dunia pendidikan yang ditandai dengan rendahnya kemampuan dalam memahami konsep-konsep ilmiah, menerapkan pengetahuan sains, serta berpikir kritis, dan problem solving. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang menggabungkan pembelajaran sosial emosional dan pembelajaran berbasis masalah untuk membantu peningkatan kemampuan literasi sains pada topik listrik. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode R&D dengan model 4D yang dibatasi hingga tahap development. Tahapan penelitian pengembangan mencakup tahap define, design, dan development, yang meliputi analisis kebutuhan, perancangan LKPD, validasi materi dan media oleh ahli, serta uji kepraktisan oleh guru dan keterbacaan oleh peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk LKPD digolongkan sangat layak, dengan persentase rata-rata validasi sebesar 92,5%. Uji kepraktisan oleh guru IPA memperoleh nilai 96%, dan uji keterbacaan oleh peserta didik kelas 9 menghasilkan rata-rata 88%. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis PBL-SEL efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sains secara holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...