JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Penggunaan Media Ajar PANDITA (Papan Piktogram dan Diagram Batang) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Keboananom Sidoarjo

Shahira, Firda (Unknown)
Alfathi Finna Hari (Unknown)
Arista Anggun Sa’adah Fatiah Fitri (Unknown)
Erna Puji Astutik (Unknown)
Sutikno, Sutikno (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN Keboananom Sidoarjo melalui penerapan media pembelajaran PANDITA, yang merupakan singkatan dari Papan Piktogram dan Diagram Batang. Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya capaian belajar siswa pada materi penyajian data, yang disebabkan oleh minimnya penggunaan media konkret serta metode pembelajaran yang cenderung monoton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Media PANDITA dipadukan dengan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata nilai siswa dari pra-siklus ke siklus I dan II. Hal ini membuktikan bahwa media PANDITA efektif membantu siswa dalam memahami materi penyajian data dengan cara yang lebih konkret dan menarik. Temuan ini sejalan dengan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa pemanfaatan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, media PANDITA direkomendasikan sebagai salah satu solusi inovatif dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...