Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN Keboananom Sidoarjo melalui penerapan media pembelajaran PANDITA, yang merupakan singkatan dari Papan Piktogram dan Diagram Batang. Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya capaian belajar siswa pada materi penyajian data, yang disebabkan oleh minimnya penggunaan media konkret serta metode pembelajaran yang cenderung monoton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Media PANDITA dipadukan dengan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata nilai siswa dari pra-siklus ke siklus I dan II. Hal ini membuktikan bahwa media PANDITA efektif membantu siswa dalam memahami materi penyajian data dengan cara yang lebih konkret dan menarik. Temuan ini sejalan dengan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa pemanfaatan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, media PANDITA direkomendasikan sebagai salah satu solusi inovatif dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Copyrights © 2025