JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan LKPD berbasis Socio-scientific Issues untuk Memfasilitasi Kemampuan Argumentasi Tertulis Siswa

Zahra Fajarani (Unknown)
Yudhi Utomo (Unknown)
Denny Fatmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2025

Abstract

Sejumlah penelitian terdahulu menemukan fakta bahwa kemampuan argumentasi siswa di Indonesia masih berada pada level dasar. Siswa memiliki kecenderungan menggunakan logika yang keliru, data tidak relevan, serta menyajikan claim tanpa memberikan dukungan dalam bentuk bukti dan fakta. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran terintegrasi Socio-scientific Issues (SSI) yang layak untuk memfasilitasi kemampuan argumentasi tertulis siswa. Metode penelitian menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) dengan pelaksanaan hingga tahap pengembangan. Pada tahap analisis, dilakukan analisis kebutuhan dengan temuan bahwa siswa baru mampu menyusun argumen berbasis claim tanpa disertai bukti (evidence) yang relevan. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan hasil 82,3% (kategori sangat valid), memenuhi kriteria sebagai sumber belajar. Uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 95,8%, sedangkan uji keterbacaan siswa mencapai 88%, menunjukkan bahwa media pembelajaran ini praktis dan mudah dipahami. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguji efektivitas media dalam meningkatkan kemampuan argumentasi tertulis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...