Sejumlah penelitian terdahulu menemukan fakta bahwa kemampuan argumentasi siswa di Indonesia masih berada pada level dasar. Siswa memiliki kecenderungan menggunakan logika yang keliru, data tidak relevan, serta menyajikan claim tanpa memberikan dukungan dalam bentuk bukti dan fakta. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran terintegrasi Socio-scientific Issues (SSI) yang layak untuk memfasilitasi kemampuan argumentasi tertulis siswa. Metode penelitian menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) dengan pelaksanaan hingga tahap pengembangan. Pada tahap analisis, dilakukan analisis kebutuhan dengan temuan bahwa siswa baru mampu menyusun argumen berbasis claim tanpa disertai bukti (evidence) yang relevan. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan hasil 82,3% (kategori sangat valid), memenuhi kriteria sebagai sumber belajar. Uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 95,8%, sedangkan uji keterbacaan siswa mencapai 88%, menunjukkan bahwa media pembelajaran ini praktis dan mudah dipahami. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguji efektivitas media dalam meningkatkan kemampuan argumentasi tertulis siswa.
Copyrights © 2025