JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP melalui Pendekatan Diferensiasi Berbasis PJBL Berbahan Limbah Anorganik pada Materi Ekosistem

Zakiyatur Rizqi (Unknown)
Faiq Makhdum Noor (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA masih tergolong rendah, terutama ketika menghadapi materi yang memerlukan pemahaman konseptual dan penerapan nyata seperti ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan pendekatan diferensiasi berbasis PjBL terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, selain itu untuk menganalisis penerapan pendekatan diferensiasi berbasis PjBL berbahan limbah anorganik pada materi ekosistem, selain itu juga untuk menganalisis apakah pendekatan diferensiasi berbasis PjBL berbahan limbah anorganik dapat meningkatkan kemampuaan berfikir kreatif siswa, serta menganalisis apakah pendekatan diferensiasi berbasis PjBL berbahan limbah anorganik lebih baik dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan desain non equivalent pretest – posttest melibatkan dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang dgunakan adalah simple random sampling dengan mengambil kelas VII A dan kelas VII B dari sembilan kelas populasi. Hasil penelitiaan ini menunjukkan bahwa pendekatan diferensiasi berbasis PjBL berbahan limbah anorganik dapat diimplementasikan dengan sangat baik dalam pembelajaran, sesuai sintak PjBL. Siswa menunjukkan keterlibatan aktif serta dapat memunculkan ide-ide yang orisinal. Selain itu pendekatan diferensiasi berbasis PjBL dapat meningkatkan kemampuaan berfikir kreatif siswa ini dibuktikan dengan adanya peningkatan signifikan kemampuan berpikir kreatif pada kelompok eksperimen dengan nilai rata-rata nilai post test 84,11. Pendekatan diferensiasi berbasis PjBL berbahan limbah anorganik lebih baik dibandingkan dengan pendekatan konvensional, ini terbukti dari uji N-gain mencapai 58.64%. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan diferensiasi berbasis proyek berbahan limbah anorganik dapat meningkatkan kemampuaan berfikir kreatif siswa dan membuat pembelajaran lebih bermakna serta kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...