INTAN CENDEKIA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT
Vol 1, No 1 Juni (2020): INTAN CENDEKIA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT

Pelatihan"Memahami Masalah Belajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Belajar di SD Negeri 2 Sambiq Elen

Muzanni, Ahmad (Unknown)
Anam, M. Chairul (Unknown)
Kartiani, Baiq Sarlita (Unknown)
Jaswandi, Lalu (Unknown)
Winata, Aliahardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2020

Abstract

Adanya perbedaan kemampuan, kecerdasan, bakat, minat dan latarbelakang lingkungan masing-masing siswa. Sistem pengajaran di sekolahseharusnya memberi kesempatan kepada siswa untuk maju sesuai dengankemampuannya. Siswa dapat menghadapi permasalahan yang dihadapiolehnya. Hendaknya guru juga intensif dalam menangani siswa yangmenambah pengetahuan, sikap yang terbuka dan mengasah keterampilandalam mengidentifikasi kesulitan belajar siswa. Dalam pelaksanaanpelatihan ini, beberapa target luaran diantaranya: (1) terlaksananya kegiatanpelatihan dengan judul “Memahami Masalah Belajar sebagai UpayaMeningkatkan Kualitas Belajar Siswa di SD Negeri 2 Sambiq Elen”; (2) gayamengajar guru dengan mengakomodir kebutuhan gaya belajar siswadiantaranya: auditori, visual, dan kinestetik; dan (3) suasana kelas yangmerepresentasikan konsep pendidikan inklusif. Metode pelaksanaanprogram pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan secara kelompok,curah pendapat, dan partisipatif. Adapu tahapan kegiatan ini sebagaiberikut: (1) persiapan dan pembekalan; (2) materi pengabdian; (3)pelaksanaan program pelatihan kepada guru; dan (4) rencana keberlanjutanprogram. Hasil dari pengabdian diperoleh bahwa guru di SD Negeri 2Sambiq Elen dapat membedakan antara masalah belajar dan nonpembelajaran. Kemudian para guru mampu Menyusun model dan mediapembelajaran sesuai dengan masalah yang telah ditemukan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Intan_Cendekia

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Intan Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Intan Cendekia bekerjasama dengan Asosiasi Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (APPPI) NTB. Jurnal ini mempunyai komitmen untuk menyebarluaskan hasil pengabdian kepada masyarakat yang mempunyai ...