Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 4 (Oktober 2025)

Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Model PBL Berbantuan Media Flipbook pada Siswa Kelas IV

Sapuntoro, Yunarmono Hantang (Unknown)
Hanif, Muhammad (Unknown)
Maruti, Endang Sri (Unknown)
Murtafiah, Wasilatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Berdasarkan hasil prapenelitian, keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV SD Negeri Gandri 1 Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SDN Gandri 1 Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, presentasi, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam keterampilam menulis narasi, hal itu ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang meningkat setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan flipbook media gambar seri. Peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada pra siklus dan setelah dilaksanakan siklus I kemudian siklus II, yaitu pada pra siklus siswa mendapat nilai rata-rata 58,07 dengan prosentase ketuntasan 40% dari jumlah siswa, pada siklus I mendapat nilai rata-rata 75,75 dengan prosentase ketuntasan 70% dari jumlah siswa dan pada siklus II mendapat nilai 81,76 dengan prosentase ketuntasan 85% dari jumlah siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media flipbook gambar seri efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...