Pembelajaran yang efektif membutuhkan kreativitas serta keterampilan yang baik dari seorang guru supaya kreativitas dan kerja sama siswa dalam proses belajar dapat berkembang. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kerja sama siswa lewat penerapan model pembelajaran Think Pair and Share di kelas III SDN Semin I, Gunungkidul, DIY. Studi ini memakai metode kuantitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan subjek penelitiannya ialah siswa kelas III SDN Semin I. Studi ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus ada 2 pertemuan. Terjadi peningkatan skor kreativitas dan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPAS, yang ditunjukkan oleh pergeseran dari tingkat kreativitas dan kerja sama yang rendah ke tingkat sedang, dengan kisaran rata-rata persentase antara 41–60%. Hasil studi memperlihatkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS mampu meningkatkan kreativitas dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, model TPS juga mempermudah siswa pahami materi karena proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan tidak hanya berpusat pada guru, melainkan juga mendorong partisipasi aktif siswa.
Copyrights © 2025