INVENTION: Journal Research and Education Studies
Volume 6 Nomor 1 Maret 2025

Analisis Implementasi Pendidikan Multikultural Terhadap Pembentukan Karakter Global Peserta Didik Sekolah Dasar

Aulia, Nisa Tri (Unknown)
Yunus, Mahmud (Unknown)
Nabilah, Manda Risti (Unknown)
Triarsuci, Damara (Unknown)
Al-qodri, Haifa Tasya (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah  menelusuri pelaksanaan pendidikan multikultural dalam pengembangan karakter global peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Cipayung 04 Pagi, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pendidikan multikultural dilakukan dengan melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5, kegiatan di kelas, serta kebijakan sekolah yang menjunjung prinsip inklusivitas. Pendidikan multikultural memberikan dampak positif terhadap pembentukkan karakter global peserta didik, yang tampak pada keterbukaan terhadap keberagaman, kemampuan berpikir kritis, serta kepedulian sosial. Kesadaran peserta didik mengenai pentingnya hidup toleran, kerja sama antar budaya, serta berempati telah tampak dalam perilaku sehari-hari. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa pendidikan multikultural berkontribusi besar dalam membentuk generasi yang adaptif dan responsif terhadap tantangan global.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jres

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Invention invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to Education, which include textual and field studies with various perspectives, Educational Management, Educational Policy, Educational Technology, ...