Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 8 No. 1 (2024): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMAK NEGERI ENDE

Rau, Klaudia Sintia (Unknown)
Ilyas, Ilyas (Unknown)
Doa, Hamsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh menggunakan metode pembelajaran Blended Learning terhadap pemahaman konsep fisika kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model group pretest – posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA SMAK Negeri Ende yang berjumlah 42 orang, dan sampel penelitian berjumlah 21 orang yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai pemahaman konsep fisika materi suhu dan kalor. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan metode blended learning lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika dibandingkan dengan pembelajaran fisika menggunakan metode ceramah (konvensional) hasil ini ditunjukan berdasarkan nilai signifikansi (Sig two-Tailed) < 0,05, maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah diberi metode pembelajaran Blended Learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...