Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 8 No. 1 (2024): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS BERBANTUAN FLIPBOOK

Handayani, Yusri (Unknown)
Hariani, Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Penggunaan flipbook menjadikan pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan komunikatif di dalam kelas. Hasil belajar yang diiginkan guru merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK (Classroom Action Research). SMKS Mutiara Ilmu adalah lokasi sekolah yang dijadikan sebagai tempat penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober - November semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 165 sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X PPLG yang berjumlah 30. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran dan menggunakan tes hasil belajar yang berorientasi pada soal-soal HOTS berupa soal essay pada tingkat pengetahuan C4 dan C5. Soal essay yang diberikan pada siklus 1 sebanyak 3 soal dan soal yang diberikan pada siklus 2 sebanyak 4 soal. Pada Siklus I menunjukkan siswa yang telah berhasil dalam belajar sebesar 46,67% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Hal ini dapat dilihat dari persentase peningkatan siswa yang telah berhasil dalam belajar pada siklus I sebesar 46,67% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran berorientasi HOTS berbantuan filpbook.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...