Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan produk dan respon siswa terhahap penggunaan media pembelajaran mind mapping pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dan menggunakan desain pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian yaitu uji coba oleh 2 validator yakni 2 Dosen Program Studi Pendidikan Fisika dan 2 orang guru Fisika serta 9 siswa kelas XII SMA Swasta Adhyaksa sebagai responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh digunakan sebagai dasar dalam perbaikan aplikasi mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk berupa aplikasi mind mapping layak digunakan sebagai sumber belajar fisika pada materi getaran dan gelombang berdasarkan penilaian validator sebesar 86%, dan aplikasi mind mapping layak untuk digunakan pada materi getaran dan gelombang. Penilaian oleh guru fisika sebesar 93,75%, dengan kriteria layak/baik. Hasil uji coba terbatas menunjukan aplikasi mind mapping yang dikembangkan sangat layak/sangat baik dengan rata-rata penilaian oleh siswa sebesar 95%.
Copyrights © 2024