Penelitian ini bertujuan menganalisis sejauh mana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung media kit gelombang dan termodinamika dapat memperbaiki kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Termodinamika di SMA Negeri 1 Telaga. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan rancangan one group pretest-posttest. Subjek penelitian melibatkan dua kelas XI yang masing-masing berjumlah 30 siswa, di mana mereka diberikan perlakuan berupa pembelajaran melalui model PBL berbantuan media kit selama dua kali pertemuan. Instrumen penelitian berupa tes uraian enam butir soal yang dikembangkan berdasarkan lima indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Heller. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji-t berpasangan, dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara nilai pretest dan posttest di kedua kelas. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,86 (kategori tinggi) dan kelas replikasi sebesar 0,83 (kategori tinggi). Penerapan model Problem Based Learning berbantuan media kit gelombang dan termodinamika terbukti efektif dalam Meningkatkan kapasitas siswa dalam menyelesaikan permasalahan terkait materi Termodinamika.
Copyrights © 2025