Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 6 No 1 (2023)

Efektivitas Model PBL Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar

Andriyanti, Bela Widya (Unknown)
Prihastari, Ema Butsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2023

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One-Group Pretest Posttest.  Subyek penelitian terdiri dari 29 peserta didik kelas V SD Negeri Wirun 04. Teknik  sampling  menggunakan sampling jenuh sehingga sampel dan populasi sama. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi.  Kelayakan instrumen di uji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data meliputi  uji normalitas, uji  paired sample t-test, dan uji n-gain.  Hasil uji normalitas menyatakan data terdistribusi normal. Hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000  < 0,05, dan thitung> ttabel (13,792 > 1,701), menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata sehingga model PBL berbasis etnomatematika berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil uji n-gain menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 57,2, ditafsirkan cukup efektif.  Sehingga, disimpulkan bahwa model PBL berbasis etnomatematika cukup efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri Wirun 04.Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sekolah Dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...