Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada tingkat sekolah dasar di Gugus VI di Kecamatan Sukawati. Penelitian ini menjadi penting untuk mengulas persiapan, pelaksanaan hingga kendala yang ditemukan guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas empat pada Sekolah Dasar di Gugus VI Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar, meliputi SD Negeri 7 Batubulan, SD Negeri 2 Batubulan, dan SD Ganesha Nusantara. Penelitian ini dapat dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasilnya proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah diawali dengan (1) tahap persiapan yakni menyiapkan masalah yang berkaitan dengan materi serta berdasarkan RPP. (2) tahap pelaksanaan guru membentuk kelompok siswa, selanjutnya diarahkan untuk mengerjaan tugas berupa pemecahan masalah. Tahap ini guru juga lebih banyak memberikan bimbingan kepada siswa dalam menemukan penyelesaian masalah. (3) tahap evaluasi guru tidak hanya menilai hasil karya siswa, namun juga mengevaluasi permasalahan sebagai kendala yang dihadapi siswa selama proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa guru sekolah dasar di Gugus VI Kecamatan Sukawati telah dapat menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, walaupun masih ditemukan sejumlah kendala namun hal tersebut masih bisa diatasi oleh guru.Kata Kunci:AnalisisPenerapanPembelajaran Berbasis Masalah
Copyrights © 2023