Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 6 No 3 (2023)

Implementasi Authoritative Parenting Dalam Mereduksi Perilaku Nomophobia Pada Siswa Sekolah Dasar

Kamaluddin (Unknown)
Edi Firmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak sekolah dasar mengakibatkan banyak dampak negatif, salah satunya adalah potensi mengalami Nomophobia. Nomophobia saat ini menjadi masalah yang dialami oleh anak sekolah dasar. Orang tua memiliki peran yang penting dalam membantu anak-anak mengatasi masalah ini. penelitian ini memiliki urgensi yang penting karena dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pengasuhan authoritative dapat membantu mengurangi perilaku nomophobia pada anak-anak. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan quasi-eksperimental dengan desain pretest-post-test control group. Subjek penelitian adalah orang tua siswa sekolah dasar dan anak-anak mereka yang terindikasi mengalami perilaku nomophobia. Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Analisisnya menunjukkan bahwa penampilannya masih bagus. Skor yang tinggi menunjukkan bahwa tingkat nomophobia tidak berubah secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dengan Authoritative Parenting mampu mengontrol bagaimana mereka menggunakan teknologi, mencegah mereka menimbulkan kecemasan saat mereka tidak berada di dekatnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...