Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan ragam deiksis tempat yang terdapat dalam percakapan berbahasa Indonesia sesama siswa sekolah dasar di Kabupaten Cirebon. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif, yang sumber datanya diambil dari dokumen dan peristiwa tutur. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen dan observasi. Adapun validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber data dan teori. Analisis data mencakup : reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 percakapan atau peristiwa tutur bahasa Indonesia yang melibatkan sesama siswa sekolah dasar di Kabupaten Cirebon yang mengandung deiksis tempat, ditemukan 4 deiksis tempat berbentuk kata dan 17 deiksis tempat berbentuk frasa. Adapun ragamnya terdiri atas 8 deiksis tempat yang menunjuk atau mengacu sesuatu yang dekat dengan penutur dan 5 deiksis tempat yang menunjuk atau mengacu sesuatu yang agak jauh atau tidak terlalu dekat dengan penutur serta 8 deiksis tempat yang menunjuk atau mengacu sesuatu yang jauh dengan penutur.
Copyrights © 2024