Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Prezi pada materi Pengeritingan Rambut Desain Batang untuk siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Swasta Tarbiyah Islamiyah. Penelitian dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang interaktif sehingga menyebabkan rendahnya motivasi dan pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 35 siswa, 3 ahli materi, dan 2 ahli media. Data dikumpulkan melalui angket validasi dan uji coba siswa, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Prezi sangat layak digunakan, dengan hasil validasi ahli materi 96%, ahli media 90%, dan uji coba siswa mencapai rata-rata 88–90%. Media ini dinilai efektif dalam meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa terhadap langkah-langkah pengeritingan rambut. Dengan demikian, media pembelajaran Prezi dapat dijadikan inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran vokasional di SMK.
Copyrights © 2025