Masalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi sanitasi dan hygiene di SMK Awal Karya Pembangunan Galang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan minim partisipasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode pembelajaran Card Sort terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari 60 siswa, yaitu kelas X Kecantikan 1 sebagai kelas eksperimen (Card Sort) dan kelas X Kecantikan 2 sebagai kelas kontrol (ceramah). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar (pre-test dan post-test). Hasil analisis menunjukkan nilai t_hitung = 15,41 > t_tabel = 1,67 pada taraf signifikan 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan metode Card Sort terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan metode Card Sort terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, partisipasi aktif, dan hasil belajar dibandingkan metode ceramah tradisional.
Copyrights © 2025