Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan pembelajaran mealningful instructionall design terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan mempertimbangkan minat belajar sebagai variable moderator. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan nonequivalent post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Instrumen penelitian meliputi soal posttest kemampuan penalaran matematis, lembar angket minat belajar siswa, dan lembar observasi. Semua instrumen telah divalidasi sebelumnya untuk memastikan kecocokan dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji ANOVA dua jalur untuk menguji tiga hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran meaningful instructional design secara signifikan meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Selain itu, minat belajar siswa juga mempengaruhi kemampuan penalaran matematis mereka, meskipun tidak terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan minat belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan mealningful instructionall design untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah menengah.
Copyrights © 2024