Madaniyah: Terciptanya Insan Akademis Berkualitas Dan Berakhlak Mulia
Vol 13 No 2 (2023): Edisi Juli 2023

Teori Belajar Kognitif Jean Piaget dan J.S.Bruner serta Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Anwar, Khaerul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2024

Abstract

Teori kognitif memiliki beberapa tahapan-tahapan, ada tahap sensimotor (anak usia 0-1,5 tahun), Tahap praoperasional (1,5-6 tahun), Tahap operasiaonal konkret (usia 6-12 tahun), Tahap operasional formal (12 tahun ke atas). Artikel ini bertujuan untuk mengkaji teori belajar kognitif perspektif Jean Piaget dan J.S. Bruner serta implikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab. Artikel ini bersifat kajian pustaka. Hasil analisis Piaget dan Brunner keduanya sama-sama memfokuskan pemikirannya pada perkembangan kognitif (perkembangan berpikir). Tapi terdapat beberapa perbedaan yang mendasar di antara keduanya. Pertama, Piaget memfokuskan pada pemikiran logis yang berpuncak pada kapabilitas untuk memecahkan permasalahan multifaktor dipandang dari segi sebab akibat. Sementara Brunner berfokus pada Proses pemerolehan informasi baru, Proses mentransformasikan informasi yang diterima, Menguji atau mengevaluasi relevansi dan ketepatan pengetahuan. Kedua, Piaget memandang bahwa bayi dan anak kecil sebagai tertutup dalam dirinya sendiri (egocentrism), menerima objek dan orang disekitarnya sebagai bagian dari dirinya sendiri. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan bayi dan anak untuk melihat sudut pandang orang lain. Secara perlahan, pemikiran (wicara) egosentris ini akan hilang setelah anak tersosialisasikan dengan cara berpikir orang dewasa. Sementara Brunner memandang bahwa pemikiran anak mampu menemukan dan mengembangkan sendiri konsep, teori-teori dan prinsip-prinsip melalui contoh-contoh yang dijumpai dalam kehidupannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

madaniyah

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Madaniyah merupakan salah satu jurnal ilmiah dari STIT Pemalang yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan, sosial dan keagamaan. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang berkembang. Jurnal ini ...