Evaluasi tata kelola TI subdomain DSS02 di PT Bank Mandiri Lampung difokuskan pada permintaan layanan dan masalah dengan harapan dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengenali tingkat kemampuan saat ini di PT Bank Mandiri Lampung serta memberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan tata kelola teknologi informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui studi literatur, observasi, dan wawancara. Hasil rekapitulasi kuesioner IT Control Diagnostic menunjukkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 40%, menandakan bahwa beberapa jabatan memiliki tanggung jawab ganda, namun kinerja mereka tetap baik karena berhasil memenuhi tugas utama perusahaan. Berdasarkan hasil kuesioner Management Awareness Diagnostic, tingkat kemampuan saat ini rata-rata adalah 4,27 atau berada pada level 4, sedangkan tingkat kemampuan yang diharapkan adalah 4,53 atau level 5. Dari penelitian ini dihasilkan 12 rekomendasi untuk mengurangi kesenjangan antara tingkat kemampuan saat ini dan yang diharapkan, sehingga dapat mencapai level 5 proses yang dioptimalkan, dengan fokus pada efisiensi, efektivitas, inovasi, dan pengembangan manajemen berkelanjutan dalam proses DSS02.
Copyrights © 2024