Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
Vol 14 No 2 (2023): Edisi Desember

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PENGARUH PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN IPS DI SMP IT FATWAH

Ikhsan, Fahrul (Unknown)
Hafas Rasyidi, Ahmad (Unknown)
Dassucik, Dassucik (Unknown)
Hasanah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan Self Confidence peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kendit. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Self Confidence peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang dengan model Penelitian Tindakan Kelas yaitu dengan Skema Model Hopkins. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 2 Kendit. Tindakan yang dilakukan yaitu penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara tidak terstrukur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan pembahasan diatas, pembelajaran mata pelajaran IPS Terpadu dengan penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan Self Confidence peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar hal ini ditunjukkan pada Siklus 1 sebesar 52% dengan kategori Rendah dan 71% dengan kategori Tinggi atau meningkat sebesar 19%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pgsdunars

Publisher

Subject

Education Other

Description

IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian ...