Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari pengunaan bahasa sebagai alat komunikasi. Bahasa digunakan sebagai alat komunikasi utama bagi manusia untuk mengungkapkan ide, perasaan, maupun keinginannya. Salah satu fokus pembelajaran bahasa di Sekolah Dasar yang memegang peranan penting adalah pembelajaran membaca. Anak akan mengalami kesulitan belajar dikemudian hari apabila mereka tidak memiliki kemampuan membaca yang memadai sejak dini. Kemampuan membaca ini menjadi dasar utama tidak hanya di pembelajaran bahasa sendiri, tetapi juga bagi pembelajaran mata pelajaran lain. Ketertarikan anak pada kegiatan membaca bisa dibiasakan dengan melakukan kegiatan literasi secara teratur dan berkelanjutan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisa implementasi pembiasaan literasi untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi siswa kelas I SD Negeri Bugel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Adapun temuan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembiasaan literasi di SD Negeri Bugel sudah terlaksana. Melalui penerapan metode scramble kalimat, siswa kelas I menjadi lebih antusias dalam belajar sehingga kemampuan membaca permulaannya pun meningkat.
Copyrights © 2024