Dunia yang semakin berkembang dan kompetitif menjadi tantangan bagi peserta didik tingkat menengah pertama. Peran guru yang signifikan harus membekali peserta didiknya untuk mempersiapkan mereka untuk sukses. Salah satu langkah untuk membekali mereka adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Namun, berdasarkan pengamatan peneliti ketika mengajar di MTsN 2 Sumenep masih kurang. Kemampuan berpikir kreatif yang kurang dapat ditingkatkan melalui metode mind mapping. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik MTsN 2 Sumenep ketika diberikan metode mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan sampel kelas IX-A MTsN 2 Sumenep sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini antara lain observasi, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I menghasilkan 66%, dan siklus II yaitu 83%. Ada peningkatan berpikir kreatif dengan rata-rata 17% dengan indikasi, yaitu peserta didik mampu mengelaborasi, mengasosiasikan, dan membuat ide secara orisinil ketika diterapkan metode mind mapping.
Copyrights © 2024