Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG)
Vol 5 No 1 (2024): Volume 5 No 1 Februari 2024

The Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Metode Mind Mapping Pada Peserta Didik di MTsN 2 Sumenep: Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Ucapan Terima Kasih, Daftar Pustaka

Aji Saputra, Mochammad Ronaldy (Unknown)
Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Dunia yang semakin berkembang dan kompetitif menjadi tantangan bagi peserta didik tingkat menengah pertama. Peran guru yang signifikan harus membekali peserta didiknya untuk mempersiapkan mereka untuk sukses. Salah satu langkah untuk membekali mereka adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Namun, berdasarkan pengamatan peneliti ketika mengajar di MTsN 2 Sumenep masih kurang. Kemampuan berpikir kreatif yang kurang dapat ditingkatkan melalui metode mind mapping. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik MTsN 2 Sumenep ketika diberikan metode mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan sampel kelas IX-A MTsN 2 Sumenep sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini antara lain observasi, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I menghasilkan 66%, dan siklus II yaitu 83%. Ada peningkatan berpikir kreatif dengan rata-rata 17% dengan indikasi, yaitu peserta didik mampu mengelaborasi, mengasosiasikan, dan membuat ide secara orisinil ketika diterapkan metode mind mapping.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPG

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPG: Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru merupakan jurnal yang diterbikan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Memfasilitasi para akademisi, praktisi, guru, mahasiswa dalam bidang kependidikan dari hasil penelitian ...