Penelitian ini mengeksplorasi kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi kreativitas anak dalam menyusun cerita dengan menggunakan media pembelajaran papan pintar interaktif di SD Negeri Tambakromo kelas III. Jenis penelitian ini kulaitatif deskriftif. Penelitian ini mengunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif milles dan huberman, yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif eksplorasi. Lokasi penelitian ini di SD Negeri 1 Tambakromo kelas III dengan 6 siswa sebagai subyek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif di SD N Tambakromo 01 di kelas III dengan 6 siswa sebagai subjek penelitian diperoleh hasil 4 siswa sangat baik dalam menyusun cerita naratif dan 2 siswa cukup baik dalam menyusun cerita naratif. Penelitian menemukan hasil jika penggunaan media pembelajaran papan pintar interaktif dapat meningkatkan kreativitas anak dalam menyusun cerita naratif. Media ini membantu siswa untuk lebih terlibat dan termotivasi dalam proses belajar, yang memperkuat keterampilan berpikir kreatif mereka. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kreativitas siswa di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2024