Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG)
Vol 6 No 1 (2025): Volume 6 No 1 February 2025

Pengembangan media pembelajaran interaktif IPAS berbasis lingkungan untuk kemandirian belajar siswa SD di Palu

Imhar AR. Nailu (Unknown)
Haeruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Penelitian bertujuan dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis lingkungan  dapat memperbaiki pengetahuan  materi dan kemandirian belajar siswa SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian berbasis Research and Development (R&D) menerapkan model 4D, yang mencakup tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini melibatkan 34 siswa kelas V SD di Kota Palu sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman materi siswa sebesar 20% (dari skor rata-rata 60 menjadi 80) dan peningkatan kemandirian belajar sebesar 30% (dari 55% menjadi 85%). Sebanyak 85% siswa merasa lebih mandiri, dan 75% menyatakan bahwa fitur interaktif pada media membantu pemahaman mereka. Temuan ini memberikan informasi jika media pembelajaran berbasis lingkungan efektif dalam memperdalam pemahaman materi dan meningkatkan kualitas kemandirian belajar siswa. Implikasi dari penelitian menunjukkan jika media interaktif dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPG

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPG: Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru merupakan jurnal yang diterbikan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Memfasilitasi para akademisi, praktisi, guru, mahasiswa dalam bidang kependidikan dari hasil penelitian ...