Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang menekankan pada pemberian layanan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa. Implementasi pendekatan ini menjadi sangat relevan dalam mewujudkan pembelajaran yang berkeadilan di era Kurikulum Merdeka. Namun, di lapangan masih banyak guru yang belum memiliki pemahaman dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi secara efektif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru di SMPN 2 Masbagik dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi melalui workshop intensif dan pendampingan berkelanjutan. Metode pelaksanaan kegiatan mencakup asesmen awal kompetensi guru, pelatihan melalui workshop berbasis studi kasus dan praktik langsung, serta pendampingan klasikal dan individual dalam perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konseptual dan keterampilan praktis guru dalam menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak berkelanjutan dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah, serta menjadi model kolaborasi efektif antara perguruan tinggi dan sekolah dalam mendukung transformasi pendidikan.
Copyrights © 2025