Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah daya tanggap dan empati memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelayanan masyarakat pada Desa Tanah Merah Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan Regresi Linear Berganda sebagai analisisnya. Sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persamaan regresi dapat ditulis sebagai: Kepuasan Pelayanan Masyarakat = 23,410 + 0,387 (daya tanggap) + 0,095 (empati). Koefisien positif untuk kedua variabel independen menunjukkan hubungan positif dengan kepuasan pelayanan masyarakat, di mana daya tanggap memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan empati. Variabel daya tanggap memiliki koefisien beta 0,540, nilai t 6,446, dan signifikansi 0,000, menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelayanan masyarakat. Sementara itu, variabel empati memiliki koefisien beta 0,136, nilai t 1,624, dan signifikansi 0,108, yang mengindikasikan bahwa pengaruhnya tidak signifikan pada tingkat kepercayaan 95% (? = 0,05). Nilai F hitung sebesar 23,046 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05) menunjukkan bahwa model regresi secara keseluruhan signifikan. R Square bernilai 0,322, yang berarti 32,2% variasi dalam kepuasan pelayanan masyarakat dapat dijelaskan oleh model ini.
Copyrights © 2024