JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis)
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Promosi Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayur Dan Buah Online Menggunakan Aisas (Attention, Interest, Search, Action, Share) Model

Dandiapuri, Aulianisa (Unknown)
Priminingtyas, Dina Novia (Unknown)
Faizal, Febriananda (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat aktivitas manusia dapat dijalankan dengan lebih mudah, salah satunya kegiatan di bidang pemasaran. Beceran merupakan startup yang bergerak di bidang agribisnis yang bertujuan untuk membantu konsumen dalam berbelanja kebutuhan rumah tangga, khususnya produk sayur dan buah. Pemanfaatan promosi online yang tepat serta membangun brand trust antara perusahaan dan konsumen, dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tahapan keputusan pembelian konsumen yang dilakukan secara online dapat dianalisis menggunakan teori AISAS Model. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi aktivitas promosi dan brand trust yang dilakukan Beceran, menganalisis tahapan keputusan pembelian yang dilalui konsumen berdasarkan AISAS Model, serta menganalisis pengaruh promosi dan brand trust terhadap keputusan pembelian konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei menggunakan kuesioner online dan jumlah responden yang diteliti sebanyak 80 responden. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan metode SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi memiliki pengaruh positif dan sangat signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel brand trust memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan pada analisis tahapan keputusan pembelian, konsumen Beceran melakukan tahapan keputusan pembelian sesuai dengan teori AISAS Model (attention, interest, search, action, share).Kata kunci: Pemasaran Online, Promosi, Brand Trust, Keputusan Pembelian, AISAS Model 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jepa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian secara reguler setiap tiga bulan sekali untuk tujuan mendeseminasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen, peneliti dan pengabdi. Topik keilmuan yang ...