SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 1 (2025)

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIK 2

Apriani, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Activeness and critical thinking skills in students in a class are one of the necessary things in understanding lessons in class. The learning process that only conveys material makes students unable to think critically, therefore there is a learning innovation that focuses on students, one of the learning innovations is the Problem-Based Learning (PBL) approach. This study aims to apply learning methods using the Problem-Based Learning (PBL) approach in the Statistics 2 class at the Wibawa Karta Raharja College of Economics (STIE), Purwakarta. This method also aims to develop the activeness and critical thinking of students who are still lacking and some have forgotten this statistical material in the previous semester. One of the advantages of this learning method is that it can train students in different concepts and skills in solving the problems at hand. This research uses a qualitative type with five stages of implementation, one of the stages is giving students a data analysis task in groups that are presented one by one in front of the class. The results obtained from this study are that students are enthusiastic in presenting the results of their analysis in front of the class, this shows an increase in the value and activeness of students with this learning method. ABSTRAKKeaktifan dan kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa didalam suatu kelas merupakan aspek terpenting memahami materi didalam kelas. Proses pembelajaran yang hanya menyampaikan materi saja membuat mahasiswa tidak dapat berpikir kritis, dikarenakan hal tersebut harus adanya inovasi pembelajaran yang berfokus pada mahasiswa salah satu inovasi pembelajaran yaitu pendekatan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada mata kuliah statistik 2 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wibawa Karta Raharja, Purwakarta. Metode ini juga bertujuan untuk mengembangkan keaktifan dan daya berpikir kritis mahasiswa yang dirasa masih kurang dan ada juga yang sudah lupa dengan materi statistik ini pada semester sebelumnya. Kelebihan dari metode pembelajaran ini yaitu mampu melatih mahasiswa dalam konsep dan keterampilan yang berbeda dalam memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan lima tahapan pelaksanaan, salah satu tahapan yaitu  memberikan mahasiswa tugas analisa data secara berkelompok yang dipresentasikan satu per satu didepan kelas. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu mahasiswa antusias dalam memaparkan hasil analisa mereka didepan kelas, hal ini menunjukkan adanya peningkatan nilai dan keaktifan mahasiswa dengan metode pembelajaran ini kemudian mahasiswa mendapatkan hard skill yaitu dapat mengoperasikan software untuk mengolah data dan juga dapat menganalisa data secara statistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...