Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kerajinan Tahun Ajaran 2021/2022 di Program Studi Tata Boga Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental design dengan rancangan penelitian Posttest-Only Design Control. Yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa kerajinan stambuk 2020/2021 dengan sampel kelas A sebagai kelas eksperimen dan mahasiswa kerajinan kelas B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan metoda random sampling dimana sampel diambil secara acak. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya dapat diindikasi bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain terdapat pengaruh positif penggunaan video terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kerajinan di Prodi Tata Boga Universitas Negeri Medan. Selanjutnya untuk tes hasil belajar diperoleh thitung 5,120 dan ttabel 1,661 yang menunjukkan bahwa thitung > dari ttabel. Hal ini menujukkan bahwa hasil belajar menggunakan media video lebih tinggi daripada tanpa menggunakan video.
Copyrights © 2023