Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pemasaran dengan fokus pada orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan, serta mempertimbangkan keunggulan kompetitif sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probabilitas sampling, dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Karena jumlah pasti anggota populasi tidak diketahui, maka besar sampel dihitung menggunakan rumus Cochran dengan jumlah sampel 100 responden. Keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap konstruk kinerja perusahaan, orientasi pasar berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, orientasi pasar signifikan meningkatkan komitmen terhadap kinerja pemasaran. Hubungan antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran dimediasi oleh keunggulan kompetitif yang signifikan. Hal ini menyiratkan bahwa, meskipun keunggulan kompetitif berfungsi sebagai kontrol parsial yang berguna untuk memahami hubungan antar variabel, terdapat hubungan langsung antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran. Keunggulan kompetitif berfungsi sebagai kontrol parsial dalam hubungan antara orientasi pasar dan kinerja pemasaran. R-Square yang disesuaikan dengan kinerja pemasaran adalah 0,804. Terbukti 80,4% perbedaan keunggulan bersaing mungkin disebabkan oleh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan. Orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan secara bersama-sama dapat menjelaskan 72,9% varian keunggulan bersaing, menurut R-Square yang dimodifikasi untuk keunggulan bersaing sebesar 0,729. Hasil tersebut menunjukkan bahwa konstruk dependen mempunyai nilai lebih dari 0,10 yang menunjukkan kualitas baik. Nilai Q2 berada pada kisaran 0,8343 atau 83,43% yang berarti lebih tinggi dari nol. Untuk menunjukkan bahwa kinerja pemasaran dipengaruhi secara signifikan oleh variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan keunggulan bersaing minimal sebesar 83,43% dan variabel tambahan di luar model penelitian juga mempunyai pengaruh.
Copyrights © 2023