EDUKASI
Vol 14, No 2 (2016): Edisi Juni 2016

DOMINASI VARIAN MELAYU LOKAL PADA PELAJAR KOTA TERNATE

Kodrat Hi. Karim (Dosen Prodi Pendidikan PGSD FKIP Unkhair)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2016

Abstract

Ada dua pandangan yang mendasari seseorang membahas tentang variasi bahasa. Pertama, variasi  bahasa itu dilihat sebagai akibat adanya keragaman sosial penutur bahasa dan keragaman fungsi bahasa itu sendiri. Kedua, variasi bahasa dari awal telah ada dan untuk memenuhi fungsinya sebagai alat interaksi dalam kegiatan masyarakat yang beraneka ragam. Variasi atau ragam bahasa itu dapat juga diklasifikasi berdasarkan adanya keragaman sosial dan fungsi interaksi di dalam masyarakat. Bahasa Melayu Ternate sebagai salah satu variasi Melayu Lokal yang tumbuh dan berkembang di Indonesia, secara umum dikuasai dan digunakan oleh masyarakat Kota Ternate bahkan masyarakat Maluku Utara secara keseluruhan karena telah menjadi bahasa antar-etnik (lingua-franca). Bahasa Melayu Lokal (Melayu Ternate) telah dan akan menjadi pendorong semakin digunakannya varitas ini oleh kelompok bermobilitas tinggi. Dari lima sekolah yang disurvei ditemukan begitu dominannya variasi Melayu Lokal-Melayu Ternate dalam proses komunikasi pelajar di lingkungan sekolah. Kebiasaan inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab kemahiran berbahasa Indonesia oleh pelajar masih jauh dari yang diharapkan. Dengan kata lain bahasa Melayu Ternate sebagai jembatan lintas-etnik di Maluku Utara, kini terus merambah bahkan telah menjadi bahasa-wajib bagi pelajar Kota Ternate ketika berada dalam situasi formal. Hal ini memberi signal keradaan bahasa Indonesia terus ”digugat” sebagai bahasa Nasional oleh variasi Melayu Lokal. Hal ini juga memberi signal bahwa keradaan bahasa Indonesia harus terus digalakkan penggunannya sesuai konteks dan fungsinya. Key words: Varian, Melayu Lokal 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, dengan ruang lingkup kajian tulisan berorientasi pada bidang Pendidikan Matematika, Pengetahun Alam, Ilmu Pengajaran Bahasa, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Terbit sebanyak dua kali dalam ...