Penelitian ini bertujuan untuk meninjau efektivitas penerapan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) berbasis web di perguruan tinggi melalui studi literatur terhadap berbagai penelitian dalam lima tahun terakhir (2019–2024). Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik tinjauan pustaka dari berbagai artikel jurnal yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa SIAKAD memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efisiensi layanan akademik, transparansi data, serta kepuasan pengguna. Faktor kualitas sistem, kualitas informasi, dan pengalaman pengguna menjadi indikator utama keberhasilan implementasi, sebagaimana dijelaskan dalam model DeLone & McLean dan pengukuran usability seperti SUS dan UEQ. Namun demikian, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kesiapan sumber daya manusia, dan kualitas layanan teknis masih menjadi kendala dalam penerapan optimal. Oleh karena itu, pengembangan sistem ke depan perlu mempertimbangkan aspek teknis, edukasi pengguna, dan peningkatan antarmuka untuk mencapai digitalisasi pendidikan tinggi yang efektif dan berkelanjutan.
Copyrights © 2025