Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 5 No. 10 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia

Partisipasi Guru Dalam Penyusunan Anggaran Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Anggaran Sekolah

Ramdhansyah, Ramdhansyah (Unknown)
Karo-karo, Surbakti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh partisipasi guru dalam penyusunan anggaran sekolah terhadap kinerja anggaran sekolah. Penelitian ini penting dilakukan karena guru merupakan pihak yang sangat paham dengan kegiatan sekolah, baik pembelajaran di dalam kelas maupun aktivitas di luar kelas. Pemahaman guru terhadap seluruh kegiatan di sekolah sangat membantu manajemen sekolah, terutama dalam penyusunan anggaran sekolah. Penelitian ini menggunakan populasi guru-guru di SMA/SMK di Kota Medan. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling, dimana penentuan sampel berdasarkan keterlibatan guru dalam penyusunan anggaran sekolah. Survei dilakukan dengan menggunakan kuesioner berskala Likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Structural Equational Modeling (SEM) untuk menguji hipotesis. Hasil pengujian data menunjukkan terdapat pengaruh keterlibatan guru dalam penyusunan anggaran sekolah terhadap kinerja anggaran sekolah. Hasil penelitian ini memperkuat pentingnya melibatkan guru dalam penyusunan anggaran sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...