Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Ipas Kelas IV SDN Natakupe

Ines Teresa Pare, Maria (Unknown)
Patrisia Wau, Maria (Unknown)
Vianney Sayangan3, Yohanes (Unknown)
Ngurah Laba Laksana, Dek (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendesain media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN Natakupe. 2) menguji kelayakan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN Natakupe. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development) dan modifikasi dari tahapan penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SDN Natakupe, dengan jumlah siswa 8 orang. Pada penelitian pengembangan ini uji lapangan dilaksanakan di kelas 1V SDN Natakupe. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa media PowerPoint interaktif berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPAS layak untuk digunakan sebagai media utama dalam pembelajaran IPAS khusus pada materi “Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi”. Hal ini dapat dilihat dari hasil ujicoba ahli antara lain sebagai berikut. 1) hasil ujicoba oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 86% berada pada kategori Sangat Layak, 2) Hasil ujicoba oleh ahli media mendapatkan skor sebesar 80% dan berada pada kategori Layak. 3) Hasil ujicoba ahli desain diperoleh skor rata-rata sebesar 88% dan berada pada kategori sangat layak. Sedangkan berdasarkan respon pengguna produk yakni 1) respon guru sebesar 98% dan berada pada kategori sangat layak, dan 2) respon siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 100% dan berada pada kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media PowerPoint interaktif berbasis pendekatan saintifik dapat dijadikan sebagai media utama dalam pembelajaran IPAS pada siswa kelas IV SDN Natakupe

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...