Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Analisis Faktor Dominan Tingkat Kepuasan Pengguna TransJakarta

Abidin, Dikky Safitra (Unknown)
Irawan, Angga Ananda (Unknown)
Fawwaz, Arvyant Arrazaqi (Unknown)
Prakasa, Darmadika Bima (Unknown)
Mukti, M. Anugrah Wibawa (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kenyamanan dan kepuasan pengguna pada halte Transjakarta, dengan fokus pada faktor-faktor seperti fasilitas yang disediakan, pemeliharaan rutin, dan implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM). Data diperoleh melalui penyebaran kuisioner dan melakukan kajian literatur yang mencakup berbagai penelitian terdahulu mengenai kualitas fasilitas di halte Transjakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor dominan yang memengaruhi tingkat kepuasan pengguna terhadap halte Transjakarta, yaitu faktor kenyamanan, faktor kebersihan, faktor informasi, dan faktor keterjangkauan waktu. Pemeliharaan rutin, seperti perbaikan fasilitas yang rusak dan pembersihan area halte, terbukti dapat meningkatkan kenyamanan pengguna dan memperpanjang umur infrastruktur. Implementasi SPM yang kurang optimal di beberapa halte menunjukkan bahwa perbaikan dalam hal pemeliharaan dan peningkatan fasilitas dasar seperti papan informasi, toilet, dan tempat sampah sangat diperlukan. Secara keseluruhan, penelitian ini menyarankan perlunya perhatian lebih terhadap pemeliharaan dan peningkatan fasilitas di seluruh halte Transjakarta untuk menciptakan lingkungan yang nyaman, aman, dan inklusif bagi semua pengguna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...