Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 4 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Interaktif Berbasis STEM-PBL Berbantuan Articulate Storyline 3 Materi Energi untuk Meningkatkan Kemampuan System Thinking Kelas V Sekolah Dasar

Safitri, Lauressya Mega (Unknown)
Abdurrahman, Abdurrahman (Unknown)
Dewi, Pramita Sylvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Di era Society 5.0, kemampuan berpikir sistem (ST) sangat penting untuk memecahkan masalah kompleks. Namun, metode pembelajaran berpusat guru di SD Indonesia menghambat pengembangan ST, dengan minimnya penggunaan media interaktif berbasis STEM. Mengembangkan dan menguji media pembelajaran STEM-PBL interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan ST siswa kelas V. Dengan desain mixed-method sequential embedded, penelitian melibatkan 40 siswa SD Negeri 2 Merak Belantung. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, angket kepraktisan, dan analisis ANCOVA. Media dinyatakan sangat layak (83,82% materi, 92,70% media, 90% bahasa) dan praktis (89,96% persetujuan siswa). ANCOVA membuktikan efektivitasnya dalam meningkatkan ST (p = 0,00), dengan peningkatan rata-rata 66% pada indikator ST. Studi ini menyediakan model replikabel untuk integrasi teknologi dan pedagogi student-centric, mendukung inovasi kurikulum di pendidikan dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...