Pendidikan matematika sering menghadapi tantangan karena rendahnya motivasi siswa dan sifat abstrak dari topik seperti transformasi geometris. Metode tradisional gagal melibatkan siswa, membutuhkan pendekatan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul transformasi geometri berbasis STEM yang dibantu oleh pemrograman Scratch untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konseptual siswa. Dengan menggunakan model pengembangan Plomp (2013), penelitian melibatkan tiga fase: penelitian pendahuluan (analisis kebutuhan), pembuatan prototipe (desain dan validasi modul), dan penilaian (uji coba terbatas dengan 30 siswa kelas sembilan). Data dikumpulkan melalui lembar validasi, kuesioner guru/siswa, dan survei motivasi, dianalisis secara kuantitatif untuk validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Modul ini divalidasi sebagai "valid" (skor rata-rata 3,33) dan "praktis" (tanggapan siswa rata-rata 3,25; respon guru rata-rata 3,08). Survei motivasi menunjukkan 66,7% siswa mencapai tingkat motivasi "tinggi". Namun, uji coba skala besar diperlukan untuk penerapan yang lebih luas. Modul ini berhasil mengintegrasikan STEM dan Scratch untuk membuat pembelajaran interaktif dan relevan secara kontekstual, menawarkan model potensial untuk meningkatkan pendidikan matematika. Penelitian di masa depan harus memperluas uji coba dan mengevaluasi dampak pada pemikiran kritis dan kreativitas.
Copyrights © 2025