Literature review bertujuan untuk mengkaji karakteristik kognitif anak-anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) melalui penilaian menggunakan Skala Kecerdasan Wechsler untuk Anak-Anak, Edisi Keempat (WISC-IV). Penilaian kecerdasan yang dilakukan mencakup empat indeks utama: Pemahaman Verbal (VCI), Penalaran Perseptual (PRI), Memori Kerja (WMI), dan Kecepatan Pemrosesan (PSI), yang memberikan wawasan tentang berbagai aspek kognitif pada individu dengan ASD. Berdasarkan tinjauan terhadap 11 artikel, hasil penelitian menunjukkan bahwa skor PRI secara konsisten lebih tinggi dibandingkan indeks lainnya, yang mengindikasikan kekuatan dalam penalaran kompleks, visual-spasial, dan nonverbal. Sebaliknya, skor PSI yang rendah menunjukkan adanya tantangan dalam hal kecepatan pemrosesan dan keterampilan motorik. Heterogenitas skor WMI mengungkapkan keberagaman dalam profil kognitif anak-anak dengan ASD. Penemuan ini memiliki implikasi signifikan untuk pengembangan intervensi yang disesuaikan, terutama dalam hal perhatian, keterampilan organisasi, dan penyelesaian tugas yang kompleks. Penelitian ini diharapkan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang aspek-aspek kognitif pada anak-anak dengan ASD, yang sangat penting bagi pendidik, tenaga medis, dan pembuat kebijakan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan mendukung perkembangan mereka secara optimal.
Copyrights © 2025